Bisnis
8 Langkah Dalam Pengembangan Produk untuk Bisnis Kecil

8 Langkah Dalam Pengembangan Produk untuk Bisnis Kecil

Apakah Anda memulai bisnis kecil baru atau mencoba mengembangkan bisnis Anda, Anda perlu belajar bagaimana mengembangkan produk Anda. Apa yang harus Anda lakukan agar ide hebat Anda keluar dari papan gambar dan sampai ke tangan pelanggan Anda? Berikut delapan langkah tentang cara mengembangkan produk yang hebat.

1. Pikirkan ide Anda

Pada titik ini Anda dapat membiarkan pikiran Anda menjadi liar dan setiap ide diterima. Ini akan dipangkas melalui proses validasi yang akan mengikuti. Jadi tuliskan setiap ide yang Anda miliki. Lihatlah tren pasar. Jika bisnis Anda sudah ada, lakukan analisis SWOT (kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman) dari bisnis Anda dan lihat apakah ada ide produk yang muncul dari sana. Ini juga akan memungkinkan Anda membuat produk yang sejalan dengan strategi bisnis Anda.

2. Saring ide Anda

Libatkan pengambil keputusan yang tepat dan tunjukkan kepada mereka ide-ide yang Anda miliki. Mereka bisa memberi Anda pendapat mereka. Mereka mungkin menyoroti pro dan kontra dari gagasan tersebut. Kemudian Anda juga dapat mempersempitnya menjadi ide-ide terbaik Anda yang akan memiliki potensi terbesar untuk memberi Anda pendapatan dan bahwa Anda memiliki waktu dan sumber daya untuk menghasilkan. Langkah ini penting agar Anda tidak membuang-buang uang untuk mengembangkan ide yang buruk.

3. Kembangkan konsep Anda dan ujilah

Di sinilah Anda pergi ke pasar dengan konsep Anda dan mengujinya. Dengan menguji ide Anda pada pelanggan sejati Anda – mereka yang telah membeli dari Anda sebelumnya – Anda dapat memastikan ide Anda layak. Berikan waktu kepada pelanggan Anda untuk memberikan umpan balik. Penting untuk menjawab dua pertanyaan di sini:

  1. Apakah mereka mengerti produk apa yang Anda coba jual kepada mereka?
  2. Apakah mereka menginginkan atau membutuhkannya?

Dari masukan pelanggan, Anda dapat mengembangkan ide lebih lanjut dan juga mencari tahu apa pesan pemasaran Anda nantinya.

4. Lakukan analisis bisnis

Setelah ide Anda diselesaikan dan Anda perlu membuat kasus bisnis. Ini akan menyoroti apakah produk Anda layak atau tidak. Anda akan melihat apa permintaan pasar untuk produk Anda, siapa pesaing Anda, berapa biaya yang dikeluarkan untuk menciptakan produk dan apa yang akan menjadi titik impas Anda? Anda juga akan masuk ke strategi pemasaran untuk produk Anda, bagaimana Anda akan memposisikannya di pasar? Apa campuran produknya? Dan siapa yang akan menjadi target pasar Anda?

5. Kembangkan produk

Ini adalah bagian yang menarik di mana ide Anda menjadi produk yang nyata. Ini biasanya dilakukan dalam volume terbatas untuk digunakan untuk menguji pasar. Anda menyelidiki metode pembuatan, bagaimana itu akan dirancang dan seperti apa bentuk kemasannya.

6. Uji pasar

Dengan prototipe yang dibuat, sekarang saatnya menguji produk dengan target pasar Anda. Pengujian ini berbeda dari penyaringan di mana Anda akan menggunakan seluruh strategi pemasaran untuk menguji produk. Konsumen akan merasakan produk secara keseluruhan. Dengan umpan balik dari pelanggan Anda, Anda dapat lebih menyempurnakan produk Anda.

7. Komersialisasi produk

Ini adalah tahap terakhir sebelum Anda secara resmi meluncurkan produk ke pasar. Penetapan harga dan pemasaran perlu diselesaikan dan penjualan serta distribusi perlu dibuat sadar akan produk baru yang akan masuk ke pasar. Anda perlu membuat keputusan akhir tentang produk.

8. Luncurkan produk

Saat meluncurkan produk Anda ke pasar, penting untuk dipikirkan dengan matang agar berhasil. Anda perlu memutuskan di mana dan kapan menargetkan konsumen utama produk Anda.