Bisnis
7 Model Bisnis untuk Usaha kecil

7 Model Bisnis untuk Usaha kecil

Model bisnis dirancang untuk menjawab pertanyaan “bagaimana bisnis ini bekerja?” Ini berfokus pada tiga bagian perusahaan. Semua yang dibuat perusahaan, semua yang dilakukan perusahaan untuk menjual produk atau layanan, dan semua yang dilakukan pelanggan untuk membayar produk atau layanan. Ada tujuh model bisnis yang perlu dipertimbangkan oleh bisnis kecil.

1. Produsen

Model ini didasarkan pada perusahaan yang membuat produk dari bahan baku atau merakit suku cadang menjadi produk baru. Mereka akan menjual langsung ke konsumen mereka atau mereka akan menjual ke perantara. Ini adalah model bisnis paling dasar.

2. Batu bata dan klik

Model ini dirancang untuk perusahaan yang memiliki fisik dan toko online. Pelanggan dapat membeli produk di toko atau memesan secara online dan mengambilnya langsung dari toko. Model ini menawarkan kepada perusahaan basis pelanggan yang lebih besar untuk ditargetkan saat mereka melakukan bisnis online dan offline. Contohnya adalah Cape Union Mart dan Romans Pizza.

3. Periklanan

Model ini didasarkan pada pembuatan konten yang ingin dikonsumsi orang dan kemudian menawarkan ruang kepada pengiklan di platform Anda untuk mengiklankan produk mereka. Kita bisa melihat model ini digunakan di YouTube, banyak situs blog yang memasang iklan di sisi blog, dan di podcast. Pengiklan membayar untuk memasang iklan mereka di platform Anda. Satu-satunya kelemahan model ini adalah konsumen Anda mungkin menjadi frustrasi saat melihat iklan tersebut. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan iklan di blog, podcast, atau saluran YouTube Anda relevan dengan produk Anda atau bahwa Anda menawarkan pengalaman bebas iklan berbayar.

4. Pasar

Manfaat model ini adalah Anda tidak perlu memiliki inventaris apa pun. Anda hanyalah tempat yang menyatukan pemasok dan pembeli. Perusahaan paling sukses saat ini adalah Airbnb. Dalam model ini, pemilik pasar memperoleh keuntungan dari meminta biaya pemrosesan.

5. Berlangganan

Model ini berupaya menawarkan layanan yang konsisten kepada konsumen dengan biaya bulanan. Manfaat model ini adalah Anda mengetahui secara berkelanjutan berapa banyak uang yang harus Anda hasilkan setiap bulan. Contoh paling umum adalah kotak langganan atau TV sesuai permintaan seperti ShowMax.

6. Penjualan langsung

Model ini telah ada untuk beberapa waktu tetapi mendapatkan perombakan modern baru. Orang mencari untuk meningkatkan produk yang dijual. Contohnya adalah perusahaan yang menawarkan kesempatan kepada desainer untuk mendesain kaos mereka sendiri dan menjualnya secara online dalam platform mereka. Perusahaan itu bernama Teespring.

7. Sesuai permintaan

Dengan semakin banyaknya konsumen yang menginginkan kepuasan instan, model on-demand menjadi lebih populer. Contoh model on-demand adalah iSlot99 atau perusahaan lokal, Hailer. Perusahaan-perusahaan ini memenuhi kebutuhan klien akan transportasi instan dari satu area ke area lain. Model ini memungkinkan usaha kecil untuk menggabungkan teknologi baru dengan infrastruktur yang ada. Manfaat lainnya adalah ia bekerja dengan baik dengan pergerakan orang yang ingin menjadi freelancer.